Tuesday, November 20, 2012

Interaction Overview Diagram (Aullya Rachmawati - 12.51.0303)



Makalah
Rekayasa Perangkat Lunak
INTERACTION OVERVIEW DIAGRAM






                                                                                        


Di susun oleh:
Aullya Rachmawati                 (12.51.0303)




PROGRAM S2 MAGISTER TEKNIK INFORMATIKA
PROGRAM PASCA SARJANA STMIK AMIKOM
YOGYAKARTA
2012

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

A.     Pendahuluan
Interaction overview diagram adalah pencangkokan secara bersama antara activity diagram dengan sequence diagram. Interaction overview diagram dapat dianggap sebagai activity diagram dimana semua aktivitas diganti dengan sedikit sequence diagram, atau bisa juga dianggap sebagai sequence diagram yang dirincikan dengan notasi activity diagram yang digunakan untuk menunjukkan aliran pengawasan.
Penggunaan Interaction overview diagram memungkinkan penggunaan struktur pengambilan keputusan yang kompleks dan perulangan, parallel actions dan informasi pemilihan waktu (timing information). Interaction overview diagram memberikan gambaran aliran kontrol di mana node aliran adalah interaksi atau menggunakan interaksi. Beberapa pendapat menganggap bahwa diagram ini sebagai diagram interaksi sementara pada bagian-bagian interaksi diagram gambaran yang lain disebut sebagai spesialisasi diagram aktivitas.
Interaction overview diagram didefinisikan sebagai spesialisasi diagram aktivitas dan dengan demikian diagram tersebut mewarisi sejumlah elemen grafis. Interaction overview diagram hanya dapat memiliki inline atau interaksi menggunakan bukannya tindakan dan tindakan aktivitas diagram tidak bisa digunakan.
 B.     Element Interaction Overview Diagram
1.      Interaction occurrences
Merupakan referensi untuk diagram interaksi yang ada. Interaksi terjadinya ditampilkan sebagai kerangka acuan, yaitu, kerangka dengan "ref" di kiri atas sudut. Nama diagram yang direferensikan ditampilkan di tengah frame.

2.      Interaction elements
Interaction elemen ini mirip dengan interaction occurrences, karena menampilkan representasi diagram interaksi yang ada dalam kerangka acuan (biasanya berbentuk persegi panjang). Perbedaanya adalan interaction element akan menampilakan informasi yang ada pada diagram referensi.

C.     Komponen Interaction Overview Diagram
Interaction overview diagram merupakan diagram yang engkombinasikan fitur-fitur dari diagram sekuen dan diagram aktivitas untuk menunjukkan bagaimana obyek-obyek berinteraksi dalam tiap aktivitas dalam suatu use case. Sehingga untuk komponen atau unsur penyusunnya juga akan tersusun dari gabungan komponen penyusun diagram sekuen dan diagram aktivitas. Berikut ini komponen/ unsur-unsur penyusun Interaction overview diagram:
  1. Interaction, digunakan untuk menunjukkan baik aliran pesan atau informasi antar obyek maupun hubungan antar obyek. Biasanya interaction ini dilengkapi juga dengan teks bernama operation signature yang tersusun dari nama operasi, parameter yang dikirim dan tipe parameter yang dikembalikan. 
  2.  Interaction use, sebuah penggunaan interaksi mungkin muncul sebagai aksi/ tindakan yang diminta. 
  3.  Duration constraint, kendala durasi ditampilkan sebagai beberapa asosiasi grafis antara interval durasi dan konstruksi yang membatasi. 
  4. Time constraint, bentuk diagram interaksi yang lain yang berfokus pada kendala waktu dalam perubahan keadaan dari suatu obyek tunggal atau kelompok. Bermanfaat untuk merancang embedded software bagi suatu piranti. 
  5. Initial node, menggambarkan sebuah pekerjaan/ tugas dalam workflow. 
  6. Flow final node, simpul kontrol akhir yang mengakhiri flow/ arus data. 
  7. Activity final node, node menggambarkan akhir atau terminal dari pada sebuah activity diagram. 
  8. Decision node, suatu titik/point pada  activity diagram yang mengindikasikan suatu kondisi dimana ada kemungkinan perbedaan transisi. 
  9. Merge node, node kontrol yang menyatukan beberapa arus masuk alternatif untuk menerima aliran keluar tunggal. Tidak ada bergabung dengan token. Merge tidak boleh digunakan untuk menyinkronkan arus secara bersamaan. 
  10. Fork node, menyatakan pembagian dari sebuah aliran kontrol kedua atau lebih aliran kontrol. 
  11. Join node, merepresentasikan sinkronisasi dari di dua atau lebih aliran kontrol konkuren.
D.     Langkah-langkah Pembuatan Interaction Overview Diagram
  1. Mulailah dengan node awal untuk titik awal.
  2.  Tambahkan partisi jika relevan untuk analisis yang dibuat.
  3. Tambahkan aksi untuk setiap langkah utama dari use case.
  4.  Tambahkan alur dari setiap aksi ke aksi lain, keputusan atau node akhir.
  5. Setiap aksi hanya mendapat satu alur masuk dan satu alur keluar menuju ke forks, joins, decisions, dan merges.
  6.  Tambahkan decisions jika alur dipecah menjadi beberapa pilihan. Jangan lupa untuk menggabungkan kembali dengan merge.
  7.  Tambahkan forks dan joins jika aktivitas akan dilakukan secara paralel.
  8.  Akhiri proses dengan notasi untuk akhir aktivitas.
E.     Contoh Interaction Overview Diagram
Keterangan:
  • Pada gambar tersebut ditunjukkan contoh interaction overview diagram untuk business workflow pada online shopping. Pelanggan/ customer dapat mencari atau menelusuri item, menambah atau menghapus item dari keranjang belanja, melakukan checkout.
  • Interaction overview diagram disusun dari rangkaian aktivitas-aktivitas yang dihubungkan satu sama lain. Aktivitas dalam diagram dipresentasikan dalam bentuk bujur sangkar bersudut tidak lancip, yang didalamnya berisi langkah-langkah apa saja yang terjadi didalam flow. Ada sebuah state mulai (Start state) yang menunjukkan dimulainya workflow, dan sebuah state selesai (End state) yang menunjukkan akhir diagram. Titik keputusan dipresentasikan dengan bentuk bujur sangkar/ diamont.

F.      Link Upload Softcopy Makalah
http://tugasrlpmti.blogspot.com/search?updated-max=2012-11-20T07:26:00-08:00&max-results=7

G.    Daftar Pustaka
·         Garcia, Felix. 2002. Journal of Object Technology : Specifying Use Case Behavior With Interaction Models. ETH : Zurich
·         http://www.uml-diagrams.org/interaction-overview-diagrams.html
·         http://www.sparxsystems.com


No comments:

Post a Comment