Tuesday, November 20, 2012

Interaction Overview Diagram (Supriatin 12.51.0316)


1.      Pengertian Interaction Overview Diagram
Interaction Overview Diagram adalah memvisualisasikan kerjasama antara activity diagram dengan sequence diagram. Interaction Overview Diagram dapat dianggap sebagai activity diagram dimana semua aktivitas diganti dengan sedikit sequence diagram, atau bisa juga dianggap sebagai sequence diagram yang dirincikan dengan notasi activity diagram yang digunakan untuk menunjukkan aliran pengawasan.

2.      Komponen-komponen  Interaction Overview Diagram

3.      Langkah-langkah pembuatan diagram
1.      Tentukan aktifitas dan aliran data
2.      Buka software Visual Paradigm for UML
3.      Klik menu Project pilih new
4.      Klik kanan pada Interaction Overview Diagram pilih new diagram
5.      Buat diagram

4.      Contoh Interaction Overview Diagram dan case study
STMIK AMIKOM Yogyakarta adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang berkedudukan di Provinsi DIY, yang  merupakan perguruan tinggi dibidang Teknologi informasi yang banyak diminati sekarang ini. Karena banyak diminati maka dibuat Interaction Overview Diagram untuk mempermudah pembacaan alur pendaftaran mahasiswa baru di STMIK AMIKOM Yogyakarta, adapun Syarat Pendaftaran adalah :
1.      Warga Negara Indonesia.
2.      Jurusan Manjemen Informatika / Sistem Informasi untuk semua Lulusan SMU & SMK semua Jurusan.
3.      Jurusan Teknik Informatika hanya untuk Lulusan SMU Jurusan IPA dan SMK Teknologi.
4.      Menyerahkan Fotocopy NEM/UAN atau Rapor kelas 3 (bagi yang belum lulus SMU) yang telah dilegalisir 1 (satu) lembar.
5.      Menyerahkan Pasphoto 3 x 4 = 2 Lembar.
6.      Menyerahkan biaya pendaftaran Rp. 100,000.00 (Seratus ribu rupiah) untuk dua pilihan jurusan.
7.      Menyerahkan surat keterangan sehat jasmani dan rohani.
8.      Khusus Jurusan Teknik Informatika tidak buta warna.

Dibawah ini merupakan contoh Interaction Overview Diagram:

Penjelasan diagram
1.       Calon mahasiswa dapat mendaftar langsung pada customer service di STMIK AMIKOM Yogyakarta untuk mengisi blangko pendaftaran.
2.      Customer Service mengecek kelengkapan persyaratan.
3.       Mendapatkan kartu pendaftaran yang dipakai untuk ujian tes masuk.
4.       Memasuki ruangan tes.
5.      Jika tidak datang atau tidak lolos tes maka proses selesai.
6.       Setelah dinyatakan diterima akan mendapatkan cetakan rincian biaya yang harus dibayarselama satu semester.
7.       Setelah membayar biaya kuliah untuk semester pertama, calon mahasiswa telah dinyatakan sebagai mahasiswa STMIK AMIKOM Yogyakarta dan mendapatkan perlengkapan dan KTM.
8.      Pendaftaran mahasiswa baru selesai.


Daftar Pustaka
http://www.sparxsystems.com.au/resources/uml2_tutorial/uml2_interactionoverviewdiagram.html

No comments:

Post a Comment