Tuesday, November 20, 2012

DEPLOYMENT DIAGRAM Dwi Nurani (12.51.0302)


1.      Pengertian Deployment Diagram
Diagram deployment atau deployment diagram menunjukkan konfigurasi komponen dalam proses eksekusi aplikasi. Diagram deployment juga dapat digunakan untuk memodelkan hal-hal berikut.
o   Sistem tambahan (embeddded system) yang menggambarkan rancangan device, node dan hardware.
o   Sistem client/server
o   Sistem terdistribusi murni
o   Rekayasa ulang aplikasi
Diagram deployment mewakili pandangan pengembangan sistem sehingga hanya akan ada satu diagram deployment untuk satu sistem. Diagram deployment terdiri dari node dan node merupakan perangkat keras fisik yang digunakan untuk menyebarkan aplikasi. Taip node pada diagram deployment mewakili satu unit komputasi sistem yang dalam banyak hal merupakan bagian dari perangkat keras.
Bagian utama hardware adalah node. Node yaitu nama umun untuk semua jenis sumber komputasi. Ada 2 tipe node yaitu Prosessor dan Divice. Prosessor adalah node yang bisa mengeksekusi sebuah komponen, sedangkan device tidak. Divice adalah perangkat keras seperti printer  atau monitor. Node mengandung artifect, artifect adalah manifestasi fisik dari software. File-file ini biasanya bisa dieksekusi atau executable seperti .EXE file, biner, file .JAR, Assembly atau script, file data, file konfigurasi, dokumen HTML dan lain-lain. Daftar artifact di dalam sebuah node menunjukkan bahwa artifact tersebut di deploy ke node tersebut pada saat system sedang dijalankan.
  
2.      Komponen Deployment Diagram

Tabel 1 tabel komponen diagram deployment

3.      Langkah Pembuatan Deployment Diagram
a.       Double klik Deployment pada browser.
b.      Untuk membuat sebuah node, klik icon Prosessor kemudian klik pada diagram untuk menempatkan.
c.       Ketika node masih terpilih, masukkan nama node.
Untuk membuat hubungan antara node, klik icon connection dari toolbar, klik pada salah satu node pada deployment diagram dan drag sambungan tersebut pada node lainnya.
4.      Contoh Deployment Diagram

Contoh disini adalah proses browsing informasi yang umum dilakukan pada suatu PC yang tersambuang ke Internet menggunakan aplikasi browser yang akan meminta atau request informasi melewati web server dan akan diteruskan ke database server
Gambar 1 Gambar Proses Browsing Informasi


Username : dwienurani@gmail.com
password : kelompok4rlp
  
Daftar Pustaka

No comments:

Post a Comment